SOLO-The Spirit of Java

4:21:00 AM



-->

PASAR KLEWER

Pasar klewer yang terletak di antara alun-alun kota dan Keraton Paku Alam merupakan pusat bisnis kota Solo yang terbesar, bahkan terbesar di Jawa Tengah. Pasar berlantai dua ini menjual berbagai macam sandang, terutama batik. Pasar ini dikunjungi banyak wisatawan karena harga barang-barangnya memang murah dan bisa dibeli grosiran maupun eceran. Sebagai alternatif, sekarang wisatawan juga bisa berbelanja di Pusat Grosir Solo (PGS) yang terletak tidak jauh dari pasar Klewer. Bedanya, PGS didisain dengan arsitektur modern, namun harga maupun kualitas tidak jauh beda dibandingkan dengan Pasar Klewer.

PUSAT GROSIR SOLO (PGS)

Bagi anda yang malas berdesak-desakan di pasar klewer, PGS adalah salah satu solusi berbelanja murah di kota Solo. Pasar modern ini berada tepat di samping beteng dan alun-alun utara kota Solo.

KERATON MANGKUNEGARAN DAN PAKU BUWONO

Keraton merupakan ciri khas kota solo sebagai kota budaya. Di solo terdapat dua keraton, yaitu keraton Mngkunegara dan Paku buwono. Di dalam keraton kita bisa melihat benda-benda pusaka, tempat-tempat keramat, dan kita bisa melihat dan mempelajari asal mula kota Solo dari sejarah kerajaannya. Daerah keprabon dekat keraton Mangkunegara merupakan pusat penginapan untuk wisata asing. Di daerah ini juga terdapat banyak jajanan khas kota solo yang terkenal seperti nasi liwet dan timlo solo. Sedangkan di keraton Paku buwono yang terdapat di dekat alun-alun kota, kita bisa melihat juga satu menara yang dahulunya dipakai raja untuk berkomunikasi dengan Nyi roro kidul, ratu dari pantai selatan. Di kawasan keraton ini pula kita bisa melihat budaya kehidupan para abdi dalem, masyarakat keraton, dan foto-foto kerajaan di zaman dahulu. Di sana kita juga bisa melihat kendaraan raja yang berlapis emas yang disebut kereta kencana.

BETENG

Beteng yang terletak di dekat alun-alun kota ini merupakan bekas peninggalan jaman Belanda. Sayang, daerah wisata ini belum dioptimalkan oleh pemerintah, sehingga wisatawan belum bisa melihatnya tanpa ijin yang berwenang. Namun beteng ini bisa terlihat jelas dari lantai teratas Pusat Grosir Solo (PGS). Mulai tahun 2009 pagar yang menutupi beteng telah dibuka sehingga bisa terlihat jelas dari jalan.

WADUK CENGKLIK

Tak jauh dari Bandara Adi Sumarmo, kita akan disuguhkan sebuah waduk yang luas di perbatasan boyolali dan kota Solo. Waduk yang luas dengan pemandangan indah, penuh pepohonan, dan sungai yang bersih, akan menyegarkan pikiran kita dari segala penat dan keletihan. Di sana kita juga dapat menikmati hidangan hasil waduk seperti ikan air tawar, udang, ikan wader, dll. Jikalau weekend, biasanya waduk ini akan penuh dengan keluarga maupun pasangan muda-mudi. Sering pula digelar acara sepeda santai, pentas musik, dll.

KAMPUNG BATIK

Kampung batik Solo terletak di Laweyan, daerah barat kota Solo. Dari industri rumah tangganya, kita dapat melihat cara pembuatan batik tulis, mempelajari macam-macam batik dan sejarahnya. Kita juga bisa mencoba membuat sendiri batik kreasi kita. Di kampung batik ini pula dijual aneka sandang yang berhiaskan batik khas Solo. Dijamin murah!

KAWASAN SLAMET RIYADI

Ini kawasan pusat kota Solo. Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalan satu arah menuju alun-alun ini membelah di tengah-tengah kota Solo. Di sepanjang jalan terdapat pertokoan maupun mal, salah satunya yang terkenal adalah Solo Grand Mal, Mal terbesar di Jawa Tengah. Ketika malam datang, banyak jajanan khas Solo yang dijajakan di sana. Sepanjang jalan ini tersedia area Hotspot dan bangku-bangku taman, sehingga banyak anak muda yang memanfaatkan area umum ini. Tahun 2009, telah diresmikan kereta api uap wisata kota dengan rute sepanjang jalan ini yang diharapkan mampu mendukung keunikan pariwisata Solo dengan rel yang berada di sepanjang jalan utama kota Solo. Bahkan, sekarang sudah ada kereta uap untuk wisata melintasi sepanjang jalan ini.

MANAHAN

Manahan yang terletak di tengah kota Solo adalah salah satu stadion terbesar di Indonesia, dengan standar internasional dan kandang dari klub sepakbola Persis Solo yang selalu didukung oleh kelompok suporternya bernama Pasoepati. Selain stadion bola, di Manahan juga menyediakan berbagai macam sarana olahraga seperti velodrome, lapangan basket, arena skater, panahan, atletik, dll. Dahulu, sebelum ada stadion ini, Manahan adalah lapangan besar yang dipakai untuk latihan memanah dan pacuan kuda. Ketika malam datang, tempat ini menjadi salah satu tempat nongkrong anak muda kota Solo. Biasanya mereka nongkrong di warung-warung tenda, atau di tempat-tempat wedhangan yang terkenal dengan nasi kucing (nasi bungkus dengan lauk sambal dan bendeng) dan jahe gepuk-nya.
.

SRIWEDARI

Sriwedari merupakan tempat diadakannya Pekan Olah raga Nasional (PON) untuk yang pertama kalinya. Stadion bersejarah ini masih sering dipakai untuk pertandingan-pertandingan antar klub lokal. Di sekeliling stadion yang terdapat di pinggir jalan Slamet Riyadi ini terdapat tempat-tempat hiburan seperti Gedung Wayang Orang, Taman Hiburan Rakyat, ORARI, kolam ikan, restaurant, dan juga warung-warung jajanan.

KOTA BARAT

Kota Barat merupakan suatu daerah dengan latar belakang lapangan kecil yang ramai di malam hari. Selain sebagai tempat nogkrong anak muda dan keluarga, kawasan ini menyediakan warug-warung tenda dengan makanan khas Solo seperti Trancam, Pecel, Pecel lele, Gudeg Solo, susu segar boyolali, wedhangan, nasi kucing dll. Jajanan khas mancanegara juga banyak disediakan di sini.

MUSEUM RADYA PUSTAKA

Solo juga terkenal sebagai kot a sejarah, di mana benda-benda bersejarah dijaga dengan baik di dalam museum ini, dari jaman kerajaan maupun jaman Belanda. Di sana juga terdapat foto-foto bersejarah yang menjadi latar belakang dibentuknya kota Solo. Pada waktu malam hari, di depan museum ini sekarang sering diadakan festival musik jazz.

MUSEUM PURBAKALA SANGIRAN

Museum yang terletak di kawasan utara Solo ini dibangun untuk menyimpan benda-benda purbakala. Daerah Sangiran yang berbatasan dengan Karanganyar ini terkenal setelah Eugene E. Dubois, seorang arkeolog ternama, menemukan tengkorak manusia tertua di dunia, yaitu pithecanthropus erectus di aliran sungai Bengawan Solo. Museum ini kini tengah direnovasi menjadi lebih menarik sehingga wisatawan pun tertarik untuk mempelajari peninggalan purbakala di daerah ini. Selain fosil manusia purba, di museum ini terdapat banyak fosil binatng purbakala, artefak, dan peralatan-peralatan zaman pubakala. Di daerah ini juga banyak dijual souvenir seperti batu fosil, hiasan marmer, dan batu-batu hias untuk aksesoris..

SOLO BARU

Solo Baru merupakan kawasan perbatasan selatan kota Solo dengan Kabupaten Sukoharjo. Di kawasan ini terdapat banyak jajanan khas, terutama nasi liwet. Di kawasan perumahan tersebut dihiasi patung-patung raksasa dan air mancur yang besar dengan lampu-lampu jalanan yang indah, sehingga banyak dikunjungi wisatawan, terutama karena suasana malam harinya yang tenang dan nyaman.

KAWASAN HIJAU UNIVERSITAS SEBELAS MARET

Satu-satunya universitas negeri di kota Solo ini merupakan daerah yng digemari oleh wisatawan maupun warga Solo sendiri. Selain karena merupakan pusat pendidikan, daerahnya yang luas dan dipenuhi dengan pepohonan membuat suasana hati nyaman untuk melepaskan stress.

TAMAN JURUG

Terletak di kawasan pinggir sungai Bengawan Solo, taman Jurug juga berfungsi sebagai cagar alam kota Solo. Di dalamnya juga terdapat keun binatang dan taman yang luas yang sering dipakai untuk tempat hiburan.
GALABO
Galabo atau gladak langen boga adalah pusat wisata kuliner baru di kota Solo. Berbagai hidangan terkenal khas kota Solo buka cabang di sini. Dibuka tiap malam, penikmat kuliner dari orang Solo maupun wisatawan juga disuguhi live music. Lokasinya yang strategis di gladak, sebelah utara alun-alun kota Solo membuat orang mudah menemukan tempat ini. Dan jangan takut kehabisan tempat, karena orang bisa makan lesehan di sepanjang jalan sebelah Beteng yang sengaja ditutup pada malam hari, sehingga tempatnya terjaga dari debu dan kotoran.
-->
PASAR NGARSOPURAN
Ini juga merupakan pusat wisata terbaru di Kota Solo. Lokasinya berada di sebelah selatan keraton mangkunegaran, atau tepatnya di bekas pasar triwindu. Hanya buka pada tiap malam minggu, tempat ini dibuka seperti bazaar jalanan dan menjual berbagai souvenir, batik, dan kaos distro yang menarik dari kota Solo.
-->
SOLO GRAND MAL
Dibangun sekitar tahun 2002, inilah mal terbesar, terlengkap dan teramai di kota Solo. Berada di jalan slamet riyadi yang merupakan pusat bisnis kota Solo, mal ini selalu ramai dikunjungi berbagai kalangan dari yang muda sampai yang tua.
-->
BALEKAMBANG

-->
-->
-->
Tempat wisata yang direnovasi di tahun 2009 ini berupa kolam kerajaan yang sangat besar di jaman dahulu kala. Balekambang terletak di dekat stadion Manahan. Dahulunya, tempat ini dikenal sebagai tempat pemancingan. Setelah diperbaiki kini tempat ini menjadi taman yang indah dan sangat luas, sehingga cocok untuk jalan-jalan bersama keluarga dan teman-teman.
.
-->

Recommended outside SOLO:
Grojogan Sewu-Tawangmangu (karanganyar)
Candi Sukuh- Tawangmangu (karanganyar)
Waduk Gajah mungkur (Wonogiri)
Salatiga (kuliner khasnya dan hawa pegunungan mirip Bandung, sehingga sering disebut Bandung-nya Solo)

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images