WISATA BAHARI LAMONGAN, SURAMADU, TANGGULANGIN, MASJID CHENG HO, TAMAN SAFARI INDONESIA II

4:43:00 PM

TOUR DE JATIM 2010

-->

Amazing trip, fantastic place, great experience…
Pertama-tama saya ucapkan terimakasih terlebih dulu kepada panitia Tour de Jatim yang diselenggarakan oleh Keluarga Besar Universitas Sebelas Maret (UNS). Dari kita untuk kita…sebuah prinsip sederhana yang dijalankan dengan penuh tanggung jawab, yang didukung penuh oleh anggota keluarga besarnya, sehingga perjalanan dapat dilalui bersama dengan nyaman, tanpa keluhan sedikit pun dari peserta walau sebenarnya banyak hal yang perlu dibenahi. Salut!!
Perjalanan kali ini aku mulai sepulang job training. Setelah seharian penat dengan materi, aku langsung cabut ke bandara. Walau sempat terjebak macet sehingga melebihi batas waktu check in, hatiku berbalik lega karena ternyata pesawat delay satu jam lebih. Mungkinkah bang Iwan Fals mau bikin lagu tentang pesawat yang slalu terlambat ini? setelah beberapa dekde sebelumnya lagu fenomenalnya tentang keterlambatan kereta api sempat menyinggung dan memacu kinerja perusahaan kereta api Indonesia…
WISATA BAHARI LAMONGAN (WBL)
Dengan 3 bus pariwisata, keluarga besar UNS bertolak dari Green Campus UNS pukul 22.30. Perjalanan dari Solo ke Lamongan ditempuh selama kurang lebih 7 jam. Begitu Wisata Bahari Lamongan atau yang biasa disingkat WBL ini dibuka, kami masuk sebagai pengunjung pertama. Tanda gelang kertas anti air yang dibeli sebagai tiket masuk seharga 50 ribu telah melekat di pergelangan tangan masing-masing pengunjung. Terletak di samping laut, tepatnya di Tanjung kodok (dinamakan tanjung kodok karena ada batu karang di tepi laut yang bentuknya mirip kodok), tempat wisata ini dibuka pada 14 November 2004 dan diresmikan oleh Bupati Lamongan, Bapak H. Masyfuk,SH. WBL buka tiap hari dari pukul 9.00 – 21.00 WIB. Dari pintu masuk parkir, tampak kodok raksasa sebagai symbol wisata tanjung kodok. Sebagai pintu gerbangnya, ada patung kepiting rajungan raksasa di atasnya. Begitu masuk, toko-toko souvenir dan warung makan tertata rapi dan dikelola dengan baik. WBL ini kurang lebihnya mirip Dufan yang ada di Jakarta. Kelebihannya, wahana di WBL tidak menyuguhkan wahana yang terlalu ekstrim, tetapi yang bisa dinikmati keluarga dari anak kecil sampai orangtua, bahkan di WBL juga terdapat beberapa tempat yang menyuguhkan ilmu pengetahuan.
kepiting raksasa di pintu masuk WBL
batu mirip kodok atau katak sebagai simbol tanjung kodok
Mari kita jelajahi secara singkat WBL ini satu per satu, seperti yang sudah kami lalui di liburan kemaren.
Gapura Walisongo
Setelah pintu antri masuk WBL yang berbentuk WBL, ada taman walisongo, komplit dengan patung dan gapuranya. Taman yang dibuat cukup unik di pinggir laut cukup membuat nyaman dan teduh suasana.
Rumah Kucing
Ada beberapa jenis kucing yang dipelihara di rumah yang dibuat cukup unik dan luas ini. Tapi karena gue agak geli liat kucing, maka gue lewat doank…hehe…
rumah kucing
Arena ketangkasan
Semacam bazaar 17-an, ada arena tembak menembak, lempar gelang, lempar bola,dan laen-laen yang bertujuan mulia: mendapatkan souvenir boneka lucu!!
Bioskop 3D
Dikemas secara menarik dengan efek teknologi canggih, cukup banyak pengunjung yang rela antri berjubel untuk wahana ini.
Rumah sakit hantu
Ini adalah wahana paling spektakuler menurut gue. Selayaknya masuk ke rumah horror, manekin-manekin hantu yang berbentuk perawat hantu, mayat, dan setan-setan ini digerakkan dengan sensor gerak, di mana jika pengunjung satu per satu melewatinya, maka manekin-manekin hantu ini akan otomatis bergerak dan bersuara untuk menakut-nakuti kita. Sungguh pengalaman yang luar biasa, karena di wahana ini selain harus jalan kaki dan naik turun tangga di rumah sakit yang cukup luas, suara-suara aneh dan suasana gelap membuat kaki kita tambah lemes…
Rotary coaster
Seperti kincir angin raksasa yang berputar. Dari bawah memang Nampak biasa, tapi begitu di atas, pemandangan laut akan menyegarkan mata…
ATV, motocross, gokart
Yang suka otomotif dan balapan wajib mencoba semua ini!!
go kart
Sarang bajak laut
Mirip rumah hantu, tapi yang menakut-nakuti kita bukan lagi hantu biasa, tapi hantu bajak laut dan tawanannya yang tak kalah mengerikan. Semua hal yang mengerikan di sini harus dilalui dengan jalan kaki, sehingga kita kadang harus lari tunggang langgang kalo bener-bener ketakutan. Di ujung pintu keluar, ada hantu tawanan bajak laut yang lucu, dia minta teh botol!!wkwkwkw….ada-ada saja…
Tagada
Wahana yang bakal mengguncang kita sekeras mungkin seperti kena badai atau gempa bumi. Luar biasa sensasinya!!
arena tagada. rasakan goncangan di tengah badai,
Istana bawah laut, taman berburu, tembak ikan, playground, de-el-el…
Kalo bawa anak-anak kecil pasti mau bermain dengan semua ini. Seru!!
Goa insektarium
Pertama masuk, ada semacam galeri serangga-serangga yang diawetkan. Sungguh menarik…tapi setelah masuk ke goa yang lebih dalem…wow!!menakjubkan!!jelajahilah tiap sudutnya!!
pintu masuk gua insectarium
gua insectarium bawah tanah
Rumah kaca
Gue akui, yang ini lebih menarik daripada rumah kaca di mana pun di Indonesia. Untung ada penjaga di dalamnya. Kalo ngga, kita bisa bener-bener tersesat di dalamnya…
Jetcoaster, paus dangdut, bumper car, crazy car
Kalo mau yang agak ekstrim, harus coba yang ini!!walo ngga se-ekstrem di dufan, tapi malah semua anggota keluarga bisa menikmatinya. Jet coasternya terletak di atas tebing dan laut. Paus dangdut mirip dengan kora-kora di dufan. Bumper car itu nama lain dari bom-bom car. Nah..yang paling seru crazy car…karena wahana ini mirip jetcoaster, tapi tidak berbentuk kereta melainkan mobil berpenumpang 2 orang yang berjalan dengan cepat di atas rel jetcoaster, naik turun dengan cepat, penuh belokan tajam…dan mobil itu tidak hanya satu!!satu sama lain seakan hampir saling bertabrakan saking cepatnya!!
jet coaster di atas tebing pantai
tes adrenalin di crazy car
wahana paus dangdut. semacam halilintar di tebing pantai
Permainan air
Di wahana ini aturannya cuma satu: dilarang marah kalo kena air!! Ternyata semprotan air dari mana-mana dan kapan saja bisa mengenai kita kalo masuk ke dalam daerahnya…seru juga…
Waterboom, kano, sepeda air, banana boat, blue eagle, ski boat, long boat, flying fox
Mau olahraga air?di sinilah tempatnya!waterboom-nya luas dan asyik. Di pantainya, ada kano, sepeda air, banana boat, blue eagle, ski boat, long boat. Silakan coba! Tapi yang paling seru adalah flying fox di atas laut!dari atas kita bisa memandang laut yang bening dan biru…wow!!amazing!!
flying fox di atas laguna
Texas city
Mau rodeo? Buktikan berapa lama kau bisa bertahan di atas banteng mainan ini. Eh Jangan salah…Lecet, kejedut, terkilir…udah biasa sob!!kalo mau agak aman, tembak-tembakan aja di desperado movie…atau sekedar foto-fotoan di kota cowboy boleh juga qo..
rodeo time...how long can you stand...?? yihaaaa...!!!
Waduh… walo kulit tambah gosong, seharian di sini puass bangeettt…mari kita lanjutkan tour de jatim ini!!
SURAMADU
Sebagai anak bangsa, gue bangga Indonesia bisa bikin jembatan penghubung pulau Jawa dan Madura ini. Dibuka pada tahun 2009, menghabiskan dana lebih dari 4 triliun rupiah, jembatan sepanjang 5 kilo lebih ini selain tercatat sebagai terpanjang se-Indonesia, juga termasuk terpanjang se-Asia tenggara. Jembatan Suramadu terdiri dari tiga bagian yaitu jalan layang (causeway), jembatan penghubung (approach bridge), dan jembatan utama (main bridge). Sesampai di Pulau Madura, di sana banyak penduduk local menjual souvenir khas Madura. Sayang, potensi ini belum dikelola dengan baik oleh pemerintah sebagai tempat wisata, sehingga malah terlihat kotor dan tidak teratur. Padahal kalo dilihat, banyak wisatawan yang hanya berhenti sejenak di tempat ini sekedar merasakan menyeberang selat Madura dan menginjakkan kaki di pulau ini.
TANGGULANGIN
Tanggulangin-Sidoarjo adalah lokasi pengrajin kulit, sehingga tas, jaket, dompet dan aksesoris lain yang berbahan kulit bisa dibeli dengan harga yang sangat terjangkau. Mau belanja? di sinilah tempatnya!
pusat belanja aneka kerajinan dari kulit di Tanggulangin
Wah…tak terasa hari mulai malam…saatnya rehat agar besok bisa fresh lagi. Ke mana ya tempat rehat yang enak??semua peserta tour menjawab dengan serempak : “MALANG!!”
MALANG
Kota apel. Begitu sebutannya. Kota yang dingin di daerah selatan ini memang sejuk dan indah pemandangan gunungnya. Pagi ini segar sekali. Kami tidak ke kebun apel, tapi kami memilih mengunjungi UKM yang masuk nominasi sebagai UKM terbaik Indonesia, yaitu TELO. Sesuai namanya, toko yang luas ini menjual berbagai macam makanan berbahan dasar ketela (bahasa jawa:telo). Keripik ketela mungkin sudah biasa. Tapi kalo…es krim, jus, bakpao, bakpia, mie, bahkan pizza dari ketela??hhmmmm…lidah ini serasa tak sabar mencobanya!! Dan rasanya…MANTAPSS!!
Uniknya, di depan toko ada tulisan yang kurang lebihnya berbunyi seperti ini: “maaf jika ada kekurangan dalam pelayanan karena pegawai kami kebanyakan adalah lulusan SD”
Hahaha…ga jadi marah deh gue karena dari tadi ga dilayani saking penuhnya pembeli…memang layak deh menyandang sebagai UKM terbaik!
salah satu UKM eneka makanan keteela atau ubi ungu
semua dari ubi...yummy...!!
MASJID MUHAMMAD CHENG HOO
Masjid yang terletak di Pandaan, Pasuruan ini dikenal sebagai masjid yang bernuansa tionghoa dan lebih mirip bangunan klenteng. Bangunan masjid yang cukup unik ini diresmikan Bupati Pasuruan H. jusbakir Aldjufri di tahun 2008. Dan ternyata begitu masuk dan sholat di dalamnya, sebagian besar jemaahnya memang orang Tionghoa. Ornamen-ornamen khas Tionghoa memang membuat bertambah uniknya masjid ini.
sisi depan masjid cheng hoo
TAMAN SAFARI INDONESIA II
Prigen, Pasuruan, Jawa Timur.
Terletak di kaki gunung Arjuna, desa Jatirejo kecamatan Prigen dengan ketinggian antara 800 -1.500 meter di atas permukaan laut. Dibuka sejak 1997, obyek wisata ini merupakan lembaga konservasi suaka marga satwa yang menempati areal seluas 340 ha. kawasan di TSI 2 ini dibagi menjadi 4, yaitu Amerika, Eropa, kawasan Asia dan kawasan Afrika. Dengan tiket masuk 35ribu per orang, mobil pribadi maupun bus pariwisata boleh melakukan perjalanan safari di empat kawasan ini. Kalo ngga ada mobil, disediakan juga bus safari oleh pengelola setempat. Berbagai jenis binatang terdapat dalam TSI 2 ini. Mulai dari yang langka seperti komodo maupun yang liar seperti macan putih dan singa.
Taman safari indonesia II di Prigen
Aneka satwa di TSI II
Selain zona satwa, ada beberapa zona yang cukup menarik untuk dikunjungi, seperti:
· Zona rekreasi, seperti puri misteri, wahana permainan, dan taman bermain yang cukup luas. Kita juga bisa berinteraksi secara langusng dengan satwa-satwa yang jinak dan lucu.
· Zona baby zoo, untuk berfoto bersama satwa liar yang masih bayi, seperti singa, macan loreng, macan putih, sampai orang utan.
· Water world, seperti waterboom yang membuat kita bisa bermain air sepuasnya
· Gading food court, tempat makan keluarga.
Huaahemmm…cape banget seharian maen terus…saatnya pulang ke Jakarta dan kembali gawe…
See you next trip!!
Trip cost = IDR. 150.000 (dapet subsidi kampus..mantap!thanks UNS...)
# 23 - 24 january 2009 #

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images