WAJAH BARU KOTA SOLO

6:31:00 PM


1.       Galabo
Mau berburu kuliner khas Solo? Ga perlu pusing nyari lokasi warung kuliner yang terkenal di solo. Di sini, semua telah tersedia!  Pusat kuliner baru yang berada di depan beteng plaza ini benar-benar memanjakan para pengunjung maupun warga kota Solo. Jalan antara Gladag dan beteng plaza ditutup tiap malam dan beralih fungsi sebagai Gladag Langen Boga alias Galabo. Mau lesehan ataupun duduk di kursi adalah pilihan anda. Inilah terobosan terbaru solo sebagai pusat wisata kuliner.


2.       Ngarsopura
di depan kraton mangkuneraran kini telah beralih fungsi. Jika dahulu warga solo mengenal daerah ini sebagai pasar barang bekas atau pasar loak, kini dialihfungsikan sebagai pusat budaya. Tiap malam minggu, ada night market yang meramaikan sepanjang jalan ngarsopura ini. Terkadang, adapula jazz session ataupun panggung music yang memanjakan pengunjung dalam berbelanja ataupun sekedar nongkrong.

3.       Taman Balekambang
Taman bersejarah yang terdiri dari areal yang luas dan kolam yang luas pula dengan pepohonan rindang di sekitarnya kini telah dirombak total. Taman yang dulunya juga merupakan cikal bakal grup ketoprak Srimulat ini kini telah cantik dan mempesona. Selain gedung wayang orang yang direnovasi, taman ini sekarang ramai dikunjungi sebagai tempat refreshing dan berkumpul.

4.       Slamet riyadi
Jangan kaget melihat wajah baru jalan protocol kota Solo ini. Bebas Perdagang Kaki Lima alias PKL adalah yang paling terlihat bedanya. Ditambah, taman-taman indah, areal hotspot, tempat duduk dan pepohonan rindang. Solo telah membangun semua ini untuk konsep citywalk.

5.       Patung Slamet Riyadi, Monumen Mayor Achmadi & Monument 45
Tiga monument ini menandakan bahwa Solo menghargai sejarahnya. Monument Slamet Riyadi berada di perempatan Gladag, dekat alun-alun kota Solo. Sedangkan dua lainnya berada di daerah pasar legi, banjarsari. Khusus monument 45,  gue acungi jempol untuk pengalihan PKL nya. Dahulu, lokasi ini dikenal kotor karena PKL dan gelap. Sekarang, jika berkunjung ke Solo, mampirlah ke tempat ini. PKL telah dialokasikan dan kini taman ini terlihat bersih dan nyaman dengan segala fasilitasnya.nama barunya adalah villa park banjarsari.

6.       Sriwedari
Tempat diselengarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Indonesia ini kini telah rapid an tertata dengan baik. Perombakan utama ada di pintu gerbangnya yang kini mencirikan Solo sebagai pusat budaya dan olahraga.
7.        Pasar tradisional
ingin belanja lebih murah? Jangan takut berkunjung ke pasar-pasar tradisional Solo. Karena kini pasar-pasar yang dulunya becek dan kumuh telah ditata dan dibangun dengan baik. Lihat saja Pasar Nusukan, Pasar Gede maupun Pasar Legi.

8.       Javenir
Beradadi perempatan Jajar, toko ini menawarkan konsep one stop shopping bagi wisatawan domestic maupun mancanegara. Harga yang ditawarkan relative murah dan tempatnya nyaman.

9.       Lumbung Batik
Solo kini punya pusat Batik baru. Jika dulu Solo sudah punya pasar Klewer dan Pusat grosir solo (PGS), kini di kawasan Purwosari juga ada Lumbung batik. Harga yang ditawarkan sangat murah dan bersahabat. Walau tak sebesar dua pusat batik pendahulunya, lokasi ini bisa menjadi alternative belanja anda.

10.   Kampung Batik Laweyan
Memasuki Kampung Batik Laweyan serasa masuk ke jaman yang berbeda. Bangunan rumah kuno, butik, showroom batik bisa anda kunjungi di daerah ini. Atau ingin belajar memegang canting dan menghias kain batik sendiri? Di sinilah tempatnya!

11.   Solo Batik Carnival
Event international ini layak dinantikan wisatawan domestic maupun mancanegara. Karnaval yang mirip dengan karnaval Rio de Jenairo ini selalu berbeda tiap tahunnya. Hal ini menunjukkan kreativitas tanpa batas warga Solo. Gue sendiri telah  menyaksikan SBC ke-4 yang bertemakan “Amazing Legend”. Satu kata buat event ini: TOP! Apalagi, SBC ke 4 ini diadakan di malam hari dan dihiasi permainan lampu dari pakaian maupun dari jalanan. Ditambah panggung-panggng hiburan yang menarik perhatian pengunjung. Tak heran event ini selalu dipadati pengunjung tiap tahunnya.

12.   Sepur Kluthuk Jaladara, Bus tingkat Werkudara, Railbus solo-wonogiri, Solo Batik Trans
Mau tahu kenapa Solo sampai dijadikan objek studi Negara lain untuk masalah transportasi? Inilah jawabannya. Dari transportasi umum maupun untuk keperluan wisata memang Solo sudah dikenal sampai mancanegara.
Sepur Kluthuk jaladara yang merupakan kereta uap kuno ini ditujukan untuk wisata. Jalurnya adalah dari Purwosari ke jebres dengan melintasi tengah kota di tepi jalan Protokol Slamet Riyadi.
Bus tingkat werkudara yang sampai saat ini masih bersistem sewa charter ini diharapkan mampu mendongkrak pariwisata Solo. Trayeknya mengantar wisatawan ke spot-spot wisata kota Solo.
Yang paling spektakuler adalah railbus Solo-wonogiri yang berkonsep eropa. Angkutan baru ini memudahkan wisatawan maupun warga Solo untuk menyambangi kota Wonogiri.
Solo Batik trans, yang memiliki halted an trayek sendiri, turut hadir memudahkan transportasi kota Solo dari satu halt eke halte lainnya.


13.   Mall dan Apartemen
Jangan kira solo bukan pusat bisnis! Solo  punya dua mall saat ini, yaitu Solo grand mall dan Solo Squre. Bahkan, kini solo punya apartemen paragon yang berdiri megah di daerah Kota Barat. So, ingin bisnis anda lebih maju ataupun mencari tempat tinggal eksklusif? Solo telah menemukan solusinya.

1.       Stadion Manahan
Stadion bertaraf internasional ini kini juga berubah wajah, terutama bagian luarnya. PKL sudah tertata rapi, taman-taman di luarnya juga cukup indah dipandang. Tiap malam masih rame dengan jajanan khas nya. Sabtu pagi atau minggu pagi menjadi destinasi utama warga solo untuk berolahraga atau untuk sekedar jalan-jalan.

 

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images