Kisah Seputar Ramadhan (Chapter 2)

6:00:00 AM



Misteri Sandal yang Tertukar

Alkisah tiga sekawan Jo, Hendri, dan Agus. ABG labil (ababil) yang lagi demam lebaran (lebaran fever). Ketiganya adalah teman satu kampung, satu sekolah, dan satu masjid (kalo lagi nyadar). Tiga hari menjelang lebaran, ketiganya saling pamer apa-apa aja yang baru. Dari mulai baju baru, sajadah baru, sarung baru ampe sandal baru. Bahkan katanya si Hendri punya pacar baru.
“Liat ni…sajadah baru, sarung baru, baju koko baru, ... belum dicuci lho. Biar elu pada bisa cium aroma tokonya…” pamer si Agus ketika pada kumpul mo sholat taraweh di masjid. “Gue ama si Jo tadi shopping di mal, biasa…abis dapet jatah dari ortu…”
“Gue liat lu ga beli apa-apa, Hen?” timpal si Jo ngeliatin sandangan si Hendri.
“Nih…” Jawab Hendri dengan lagaknya cukup melipat lengan baju kokonya. Jam seri terbaru Tag Hauer menempel di pergelengan tangannya. “THR bokap lu 5 tahun juga kagak mampu beli ini jam”. Katanya bangga.
“Bwehh…” sahut Jo dan Agus dongkol. Emang si Hendri anak orang kaya sih, rumahnya juga gedongan. Walo lagaknya kadang belagu, tapi orang baek (kalo lagi baek…). Dan dia suka maen ama anak-anak kampung tanpa memandang status sosial.
Si Jo keliatan suka dengan sandal barunya. Tiap melangkah, dia tersenyum. Tampaknya sandal barunya itu membawa kebahagiaan di tiap langkahnya. Si agus sih ngiranya malah tuh sandal bisa nyala kaya yang dipake balita. Tapi si Jo dengan tegas menyangkalnya. Kata dia, itu sandal idaman cowo macho. Sandal gunung dengan bahan yang lentur, kokoh dan grip anti selip.
Bertiga mereka menuju ke masjid untuk menjalankan sholat taraweh. Saking sayangnya ama tuh sandal, si Jo ampe bawa plastik kresek warna item untuk bungkusin itu sandal, dan ditaruh di rak sandal paling bawah. Biar ga keliatan maling, katanya.
Selang beberapa waktu, sholat taraweh pun selesai. Jamaah pun mulai membubarkan diri. Seperti biasa, tiga sekawan ini nongkrong dulu di angkringan untuk sekedar nyeruput wedhang jahe ato makan nasi kucing plus gorengan.  
“Qo lama ya tuh anak??” si Hendri mulai ga sabar. Dia dan Agus udah nunggu 10 menit di gerbang masjid sejak para jamaah bubar. Tapi si Jo tak nampak jua ujung hidungnya.
“Samperin aja yuk…” ajak si Agus.
Di teras masjid, nampak si Jo kelimpungan. Lagi bingung kaya cicak keilangan buntutnya.
“Nyari apa, Jo…??” Tanya si Hendri.
“Sandal..” sahutnya pelan sambil masih kebingungan..
“sandal baru lo ilang??” Tanya Hendri lagi.
“iya…padahal udah gue bungkus pake kresek item, gue taruh di rak itu…”
“Disangkain ta’jil ama orang lain kali…” sahut si Agus sekenanya.
“iye…abis lu kresekin gitu. Aturan kalo takut ilang, satu lu taruh di rak, satu lagi lu kantongin ato taruh di mimbar” timpal Hendri makin ngaco.
Mereka pun ikutan nyari tuh sandal ke sekeliling masjid. Hasilnya masih sama juga: RAIB.
“Udahlah ikhlasin aja… ikutan nongkrong ga?” akhirnya si Agus cape juga setelah nyari ke manapun ga ketemu juga.
“iya deh…bentar…kalian ke sana dulu aja. Ntar gue nyusul…” kata si Jo yang tetep ga rela sandal barunya ilang.
“OK”
Di angkringan, ato orang Solo nyebut HIK (Hidangan Istimewa Keluarga), Agus dan Hendri udah pesan wedhang jahe kopi dan pisang owol (pisang dibakar, dikasih susu kental manis dan bubuk coklat dan meses). Tak berapa lama, Jo pun akhirnya nyampe juga ke angkringan yang emang letaknya cuma di perempatan deket masjid tempat mereka taraweh.
Tikar sebagai alas lesehan pun mereka gelar di pinggir jalan. Mereka pun mau duduk lesehan menikmati malam ramadhan penuh berkah.
“Kesambet apa lu, Jo?” Tanya Hendri ngeliat gelagat Ho yang tadinya sedih kehilangan sandal jadi meringas meringis dari tadi.
“Ssstt…ini nih…dapet sandal baru lagi…” kata pelan sambil nunjuk ke alas kakinya. Sepasang sepatu sandal baru warna ijo merk terkenal gambar buaya  nempel di kakinya sekarang.
“Astaghfirullah…” sahut Agus dan Hendri hampir bersamaan.
“Abisnya daripada nyeker, mending gue embat juga sandal orang lain…” jawabnya beralibi.
“Dosa lu tanggung sendiri ya, Jo…”timpal Agus menasehati.
Selang setengah jam mereka nongkrong, Pak Haji Yusuf, Kyai terkemuka yang sudah cukup berumur lewat di depan kami. Tampaknya abis mimpin pengajian usai sholat taraweh.
“Assalamu’alaikum…baru pulang Pak Haji..??” sapa pemilik warung angkringan ke Pak Yusuf.
  “Iya nih nak…bungkusin jahe anget satu donk” Sahutnya bersahaja. Pak Haji ini kadang juga suka nongkrong di sini sembari memberi dakwah ke orang-orang kampong. Kebaikannya membuat dia disegani di semua kalangan.
Seusai membeli, dia pamitan pulang ke semua pelanggan warung. Jalannya tampak terpincang-pincang karena ga pake alas kaki.
“Lah, Pak Haji sandalnya ke mana atuh??” Tanya pemilik warung.
“Ohhh…lagi diuji Allah nih. Sandal saya ilang. Tapi biarlah, saya ikhlas…semoga jadi berkah bagi penemunya” Jawab Pak Haji.
Tiga sekawan yang sedari tadi mendengarkan percakapan antara pak haji dan pemilik warung pun terkagum atas perilaku beliau yang berwibawa.
“Wah…udah ga aman lagi nih masjid yaa..” kata pemilik warung.
“Hush…bukan masjid yang ga aman, tapi hati orang kadang sedang khilaf. Mungkin saya juga yang salah. Tadi bawa sandal baru yang dikasih ama anak saya yang bar pulang dari Jakarta. Maksud hati mau membiasakan diri dengan sandal itu…eh malah ilang…” Jelas Pak Haji.
“Emang sandalnya mahal ya Pak? Ampe tuh maling nggondol tuh sandal…” Tanya pemilik warung.
“Wah saya ga tahu, orang yang beliin anak saya. Katanya sih lagi trend di Jakarta. Yang saya inget sih bentuknya sepatu sandal warna ijo ada logo buaya nya…”
“ASTAGHFIRULLAH…” Si Jo yang tadinya diem sambil makan pisang owol pun berteriak ampe tuh pisang muncrat ke wajah si Hendri dan Agus begitu mendengar penjelasan pak haji.
“Jadi, yang gue embat itu sandal Pak Haji…?!!“ akunya menyesal seraya segera minta maaf ke Pak Haji.
Hahahaha….makanya, Jo, Jo…dendam jangan dibalas dendam, embat jangan dibalas embat lagi…
Untung yang lu embat sandal Pak Haji. Jadi cuma dapet tambahan kultum (kuliah tujuh menit). Coba kalo ternyata punya preman sebelah, bisa dapet kuldar (dipukul ampe modar)!!
Syukurin luh….. JJ




You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images