BACKPACK TO UNITED KINGDOM (EPISODE 9) - YORK

8:10:00 PM


Night at Day 7 – Inverness to Edinburgh

Jika ditanya di mana saya banyak menemui orang Asia? Di kota inilah tempatnya. YORKSHIRE atau biasa kita sebut hanya dengan sebutan YORK. York city adalah sebuah kota di dekat perbatasan Scotland dan England. Kota ini kemi tempuh setelah lawatan ke Inverness. Namun karena tidak ada bus yang langsung ke York, maka dari Inverness kami harus transit ke Edinburg lagi. Namun kami tak bisa berlama-lama di Edinburgh. Singgah di hostel yang sama, nongkrong sebentar di St. Andrew square, lalu melanjutkan perjalanan ke York dengan kereta. Pagi sebelum fajar menyigsing, kami pun sudah siap di stasiun menunggu kereta yang ada.

York rail Station


DAY 8 - YORKSHIRE

Nuansa kota tua yang dibentengi istana

Pagi yang dingin menyapa kami di York. Kami tidak menginap di kota ini, karena malamnya akan melanjutkan perjalanan ke Birmingham. Maka berdasarkan pengalaman, kami pun mencari locker di rail station. Tas ransel kami titipkan di sana agar nyaman saat jalan-jalan.

Tujuan utama yang kami cari adalah pusat informasi dan halte sightseeing bus. Tapi ternyata kami datang terlalu pagi dan sightseeing bus belum ada. Akhirnya kami berjalan kaki ke tongah kota sembari melihat pemandangan kota York. Kota ini ternyata memiliki pemandangan kota tua yang dijaga keasriannya. Beteng tua yang tampak kokoh mengelilingi kota ini. Kita bisa berjalan kaki di atas.beteng tersebut untuk mengelilingi kota ini, mirip tempok cina, tapi ini versi kecilnya, karena kota ini tak terlalu besar dan jalan setapak di atas beteng juga hanya sekitar 10 meter.

City view of York 

Saking mungilnya kota ini, sightseeing bus juga tidak bisa tepat waktu karena kebanyakan jalanan di kota ini tidak terlalu lebar. Bahkan, sepertinya malah banyak ditawarkan walking tour alias jalan kaki baik siang maupun malam untuk mengelilingi kota ini. tapi kami tetap memilih sightseeing bus agar dapat mengetahui semua objek wisata dan sejarah kota ini sampai ujung-unjungnya. Walaupun pada prakteknya kami tetap banyak jalan kaki karena tidak sabar menunggu bus yang datang di halte.

Apa saja yang unik di kota ini?
Pelajar asia

Yup, banyak sekali pelajar di kota ini, setiap sudut kota yang kami temui adalah pelajar Asia, terutama pelajar dari Korea, jepang, dan Malaysia.

The Wheel of York

Lagi-lagi kami menemui atraksi mirip bianglala di kota ini. Setelah London dan Glasgow, ternyata York juga memiliki The Wheel of York. Letaknya sekitar 500 meter dari stasiun.

The Wheel of York
Lendal Bridge

Berlokasi sekitar 1 km dari stasiun, dekat dengan pusat informasi. Sekali-kali kami mencoba sensasi kapal yang membelah York. Kapal wisata dua lantai ini cukup nyaman juga. Yang di atas dibiarkan terbuka agar wisatawan dapat menikmati pemandangan dengan leluasa di bawah sinar matahari yang cerah pagi ini. Menyusuri Ouse River di mana kanan kirinya banyak terdapat pepohononan teduh, bangunan-bangunan tua, dan angsa-angsa hitam (black swan) berkeliaran dengan bebas. Banyak pula kapal-kapal yang disewakan untuk wisatawan maupun penduduk lokal yang ingin refreshing menyusuri atau bahkan menginap di sungai ini.



.
River view of York
 York Art Gallery

Selain tempat galeri seni, di sini merupakan open space bagi penduduk York. Banyak orang-orang yang nongkrong di sini untuk sekedar refreshing. Selain itu, di sinilah halte pertama sightseeing bus.

York Art Gallery
 Theater Royal

Gedung besar dengan sentuhan arsitektur kuno nan megah ini berada dekat dengan pusat informasi. Di luar halamannya, ada seorang musisi jalanan yang memainkan pianonya dengan merdu. Menambah kesan bahwa kota ini begitu menghargai karya seni.

Menikmati musik di persimpangan Theater Royal dan Old Church of York 

The York Museum Garden

Museum York ini memiliki area taman yang sangat luas dan menarik. Ada beberapa puing bekas peninggalan kerajaan juga terjaga dengan baik. Rumah khas Yorkshire yang berpapan putih hitam pun menjadi symbol keistimewaan kota ini.

Yorkshire Museum Park

York Castle

Kastil yang berada di bukit kecil dengan ketinggian sekitar 20 meter dari jalan raya ini memang sangat cantik. Kastil yang besar dan megah, berbentuk seperti bangunan silinder raksasa berwarna coklat. Rumput hijau dan bunga-bunga kuning bertebaran di sekitarnya membuatnya makin cantik. jujur, ini kastil paling cantik yang pernah gue lihat selama perjalanan ini. Masih di area tersebut, york castle museum menyajikan wahana untuk wisatawan yang ingin berfantasi menjadi orang-orang kerajaan jaman dahulu dengan kostum-kostum yang bisa disewa.


Castle of York

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images