BACKPACK TO UNITED KINGDOM (EPISODE 8) - INVERNESS

11:34:00 PM


Tanah kelahiran para Highlander
Night at Day 6 - Arrived on Inverness
Memasuki Scottish Highland, persiapan pun segera gue lakukan. Kaos tangan dan penutup kepala dikeluarkan untuk menghangatkan badan. Kami menuju ke Inverness, tanah kelahiran para Highlander. Letak kota ini berada di ujung utara Skotlandia. Sekitar 2 jam dari Edinburg lewat jalur darat. Kota yang menyimpan misteri dan keindahan alam ini memang salah satu daerah pegunungan yang terbaik di Skotlandia.

Dari Google, kami menemukan beberapa info mengenai Loch ness, danau terbesar di Scotlandia yang konon katanya ada legenda Nessie, mahluk purbakala raksasa semacam dinosaurus yang masih tinggal di danau ini. Sejarah pun tak bias lepas dari Inverness. Beberapa kastil menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan yang mereka sebut sebagai Highlander.

Seperti yang kami duga, begitu masuk ke bus station Inverness, udara cukup dingin. Untungnya, kami memesan hostel yang tak jauh dari bus station. Hanya 5 menit jalan kaki, kami menemukan hostel yang sepertinya cukup nyaman untuk bersinggah. Pertama yang kami lakukana dalah mencari info lebih lanjut mengenai paket tour yang ditawarkan.

Atas rekomendasi dari si penjaga hostel, kami pun memutuskan untuk mengambil Jacobite, salah satu operator wisata lokal yang cukup terpercaya. Dan setelah mempelajari mengenai apa saja yang ada di Inverness melalui majalah dan brosur-brosur yang tersedia di hostel, barulah kami tertidur dengan nyenyak bersama tamu hostel lainnya...

Day 7 - Lochness & Scottish Highland
Pagi harinya, jam 7 pagi, kami pun bergegas sarapan ala kadarnya dari hostel dan segera menuju ke lokasi penjemputan, yaitu di salah satu halte bus station. Di salah satu sudut bus station terdapat took roti yang aromanya sangat menggoda. Tak pelak kami pun membelinya untuk bekal siang nanti. Tak lama setelah menunggu, bus pun dating. Seorang wanita agak gemuk yang mengaku berasal dari Manchester menyapa kami dengan ramah. Ternyata wanita tersebut adalah pengemudi bus tersebut sekaligus pemandu wisata kami. Dia menanyakan nama dan asal peserta tour satu persatu dan mencoba untuk mengakrabkan diri. Dia cukup terkejut mendengar Negara asala kami. Katanya selama dia bekerja di Skotlandia, baru kali ini menemui turis yang berasal dari Indonesia. Hehe.. bangga juga rasanya...

OK, singkat kata bus sudah siap berangkat dan menyusuri sungai (tunnel) yang nantinya bermuara di danau Lochness. Perairan di kota ini tertata sangat rapi. Hamper di semua kota di UK, kami menemui adanya wisata perairan menyusuri sungai-sungai yang bersih dan indah. Begitupun River Ness, perairan yang sangta dibanggakan penduduk Inverness, Wanita tersebut menceritakan secara detail tempat-tempat yang kami lewati. Setelah berkeliling kota sekitar 30 menit, kami pun akhirnya mencapai pelabuhan tempat kapal pesiar akan membawa kami mengelilingi danau Lochness. Danau ini memang luar biasa indahnya. Kata si pemandu, kami beruntung mengunjungi tempat ini menjelang musim semi. Bukan di musim hujan maupun salju. Karena dinginnya akan terasa luar biasa di sini. Lochness di musim ini terlihat biru gelap, persis seperti yang kami lihat di Winderemere. Namun suasana pegunungan yang mengelilinginya membuat tempat ini lebih terkesan misterius dan menawan. Riak-riak kecil membentuk gelombang seperti bentuk punggung Nessie, mahluk legenda yang sampai sekarang belum diketahui keberadaannya. Cuaca hari ini sangat cerah. Matahari bersinar terang, udara tidak terlalu dingin namun tetap sejuk dan segar.



Sekitar satu jam perjalanan dengan kapal pesiar, akhirnya sampai juga kami ke salah satu sisi danau. Di sinilah berdiri Urquhart Castle, sebuah kastil kuno yang berdiri sejak abad 13 merupakan salah satu saksi bisu pertempuran berdarah para ksatria Highland. Terletak di salah satu tebing menghadap Lochness, kastil tua ini masih dipertahankan sebagai salah satu situs yang paling menaksubkan di tanah Scotlandia. Perbukitan sabana khas Scottish Highland membuat pemandangan kastil ini maskin indah. Kami serasa dibawa melangkah beberapa abad ke belakang. Masih di area yang sama, terdapat auditorium sederhana yang berisi souvenir shop dan teater kecil yang memutar film tentang sejarah kastil ini. Yang menjadi sebuah kejutan, setelah film itu selesai diputar di proyektor, perlahan-lahan layar proyektor terangkat dan tergantikan pemandangan Urquhart Castle melalui kaca besar di balik proyektor. Sebuah konsep sederhana namun sangat memukau!




Enjoy Beauty of Lochness


 
Peninggalan Urquhart Castle

Ketemu Nessie...
Selesai berkeliling area kastil yang sangat luas ini, kami kembali bersama rombongan lain untuk kembali ke pelabuhan di mana Loch ness center berada,

Di Lochness center kami diajak berfantasi dan diberi penjelasan mengenai keberadaaan Nessie, mahluk legenda yang ada di Lochness. Penyajiannya cukup menarik. Pengunjung dipersilakan untuk memasuki ruang demi ruang yang dilengkapi dengan media canggih. Ada film dokumenter, 4 dimensi, dan penjelasan peraga lainnya yang cukup menarik sehingga pengunnjung bisa mengerti kejadian-kejadian janggal mengenai Nessie. Belive it or not? Itu tergantung fantasi dan persepsi masing-masing orang. Tapi biarlah Nessie menjadi salah satu misteri yang tertinggal di Scottish Highland.

Akhirnya, perjalanan wisata pun selesai. Kami pun diantar balik melalui jalur yang berbeda. Pemandu kami dengan detail tetap menceritakan lingkungan-lingkungan di sekitar Loch ness hingga kami sampai bus station kembali. Seakan tak mau menyisakan waktu yang ada, gue melanjutkan keliling kota Inverness yang Indah ini dengan menjelajahi beberapa tempat seperti gereja tua, menyisir River Ness, masuk ke museum Inverness, dan berkunjung ke Inverness Castle, salah satu kastil yang terletak di tengah kota Inverness.

Old Church of Inverness


Bumping Bridge



Castle of inverness


Kalo ditanya kota mana yang paling menarik di UK? Saya akan menjawab Edinburgh. Tapi jika ditanya pemandangan yang paling Indah di UK? Inverness atau scottish Highland pemenangnya!

You Might Also Like

0 comments

Like us on Facebook

Flickr Images